Breaking News
Loading...

Pre-Event

Pre-event E-YOUTH 2013 ini akan membahas bagaimana seseorang membuat rancangan project yang nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan tema besar E-YOUTH tahun ini yaitu Sociopreneur Goes Beyond Profit But Benefit. Mengingat begitu luasnya definisi dari sociopreneur maka pada pre-event E-YOUTH kali ini, akan terdapat sesi yang menjelaskan mengenai sociopreneur yang diinginkan dalam pelaksanaan E-Youth tahun ini. Selain itu, terdapat talkshow dengan para praktisi langsung dalam dunia sociopreneur yang telah menjalankan usahanya masing-masing. Diharapkan acara ini dapat membuka wawasan masyarakat dan memberikan pandangan-pandangan segar mengenai sociopreneur. Para praktisi sociopreneur juga akan menampilkan pembuatan produk masing-masing yang dilakukan oleh masyarakat yang diberdayakan oleh mereka sehingga para peserta pre-event bisa melihat secara langsung bentuk dari social business. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta dari pre-event akan mengikuti Real Business Competition (RBC) dan Mega Seminar and Workshop yang merupakan rangkaian dari kegiatan E-YOUTH 2013.

A. Sesi Pertama (Pemaparan Materi Mengenai Sociopreneur dan Business Canvas)

Tema : Attach Yourself to Social Business!
Pemateri : Baban Sarbana (CEO dan Founder Yatim Online)

Pada sesi ini, Baban Sarbana akan memaparkan mengenai sociopreneur mengingat luasnya ruang lingkup dari sociopreneur dan banyaknya kalangan yang memiliki pandangan yang salah mengenai definisi sociopreneur, ruang lingkup, dan segala hal mengenai social entrepreneurship serta menstimulasi para masyarakat dan mahasiswa yang nantinya menjadi peserta Pre-Event untuk melahirkan berbagai ide mereka mengenai sociopreneur. Selain itu, pada sesi ini Baban Sarbana akan memberikan panduan dan tips kepada peserta dalam menyusun project bisnis sosialnya sendiri yang akan dilanjutkan dengan kegiatan bisnis kanvas. Tujuannya ialah untuk menstimulasi para peserta agar melahirkan ide-ide bisnis sosial yang wah, inovatif dan bermanfaat sesuai hasil karya mereka sendiri dengan panduan-panduan dan gambaran umum konsep sociopreneurship yang telah dijelaskan oleh pemateri.


B. Sesi Kedua (Sharing Session dan Mini Talkshow dengan Sociopreneur)

Tema : Maximize Benefit Instead of Profit!
Pemateri :
  • Yovita (CEO dan Founder Komunitas Nalacity)
  • Yuri Pratama (CEO dan Founder Urchindonesia)
  • Alia Noor Anoviar (CEO dan Founder Dream Dellion)
Moderator : Lucky Bagus (Mojang Jajaka Jawa Barat 2012)

Pada sesi ini, akan hadir beberapa pemateri yang merupakan praktisi langsung dari social business atau dikenal dengan sebutan sociopreneur. Sesi ini akan dibuka dengan pemutaran video profil dari masing-masing pemateri. Dalam sesi ini, para pemateri akan lebih banyak berbagi mengenai pengalamannya degan bisnis sosial yang mereka rintis, mulai dari perencanaan pengembangan usaha, day to day operation, pengembangan masyarakat, hambatan dan cara penyelesaian masalah, dan sebagainya.

C. Pelaksanaan
Hari / tanggal  : Sabtu / 16 Maret 2013
Waktu            : 09.00 - 15.00 WIB
Tempat           : Ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie  Jl.H.R.Rasuna Said Kav. C-22 Epicentrum Kuningan
                        Jakarta Selatan 12920 (lihat peta)

D. Hiburan
Percussion Performance
Setelah selesai tiap sesi yaitu sesi pertama dan kedua, selanjutnya akan ada sesi hiburan berupa penampilan perkusi dari FLAVALICIOUSMAX, yaitu sebuah grup perkusi yang anggotanya masih berstatus mahasiswa. Flavaliciousmax merupakan pemenang utama dalam ASEAN Percussion Festival di Thailand dan telah go internasional ke beberapa negara ASEAN.

Exhibition
Selain hiburan dari Flavaliciousmax, akan ada pameran dari masyarakat yang diberdayakan oleh praktisi sosial, yaitu komunitas Nalacity dengan pemberdayaan masyarakat mantan penderita kusta, Urchi Indonesia dengan pemberdayaan nelayan bulu babi dan masyarakat sekitar pantai, serta Dream Delion dengan pemberdayaan masyarakat kumuh sekitar bantaran kali Manggarai, Jakarta. Mereka akan memamerkan pembuatan produk masing-masing yang dilakukan oleh masyarakat yang mereka berdaya kan sehingga peserta pre-event bisa melihat secara langsung bisnis dan kontribusi sosial mereka bagi masyarakat.

E. Kontribusi dan Package
Biaya kontribusi Rp10.000 per orang (Rp15.000 on the spot), peserta akan mendapatkan snack, ilmu pengetahuan, dan pengalaman dari seluruh rangkaian acara.

Ketik SMS: Nama_Kampus_No.Hp kirim ke 085739587270

Cara Pembayaran: transfer ke rekening BNI 0287195183 a.n Prettylia (cantumkan nominal 10 di belakang jumlah transaksi. Contoh: Rp 10.010 (untuk memudahkan kodifikasi, atau reimburse tiket Anda di stand E-Youth UB di Student Lounge Dalam Universitas Bakrie.

F. Contact Person
Nadia 085767513080
Shelly 085739587270
@Eyouth_UB